Resapan Air

Pembuatan Peresapan air merupakan bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, khususnya kebutuhan akan air. Kepedulian ini mari kita galakkan di semua lapisan masyarakat. Pembalakan hutan merupakan salah satu bentuk perusakan alam yang mengakibatkan hilangnya resapan bumi.

Keseimbangan alam antara hutan dan air sudah tidak harmonis lagi, hutan yang seharusnya bertindak sebagai wadah air hujan untuk bumi, telah hilang fungsinya. Mari sedikit peduli dengan lingkungan dengan membuat resapan air. kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pembuatan peresapan air, khusunya peresapan air hujan. Berikut tahap-tahapannya :
1. Sediakan alat bor tanah, alat ini sangat sederhana sekali, dibuat dari besi yang dipipihkan dan di bentuk seperti bor dengan diameter kurang lebih 15 Cm memiliki gagang yang digunakan untuk pegangan disaat memutarkannya/mengebor. Alat ini dapat dibeli ditoko-toko penjualan alat pertanian ato bisa dibuat sendiri.
2. Siapkan peralon dipotong sekitar 10 Cm, yang akan ditaruh dipermukaan tanah yang dilubangi, diameter pralon sesuai lubang tanah yang dibor.
3. Saringan pasir, kita gunakan untuk menutup peralon, menghindari masuknya tanah bersama air.
4. Dedaunan, buah-buahan busuk, kotoran hewan, bangkai serangga dll. Yang nantinya akan di masukkan ke dalam lubang. Setelah beberapa hari, nanti akan diuraikan oleh bakteri-bakteri sehingga terbentuklah humus dan tanah menjadi gembur.

Setelah selesai perlengkapan disiapkan, buatlah titik-titik dimana tanah yang akan dibor, disini menganjurkan dipingir sepanjang jalan, buatlah lubang tiap 1 Meter. Setelah tanah dibor, masukkan dedaunan, bangkai dll ke dalam lubang tersebut sampai penuh, kemudian masukkan pralon dan tutup dengan saringan pasir. Selalu isi terus apabila dedaunan habis diuraikan bakteri.

Demikian semoga bermanfaat untuk kita semua, lingkungan dan alam. Cinta lingkungan untuk kecintaan kita terhadap kehidupan.

By.maseadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s