Membuat Aplikasi Kasir dengan Microsof Acces ke 1

Berawal dari Mbk Mieski namanya, “Buatin aku input surat masuk dong kayak tempatku yang dulu! ” Seperti apa mbak ? Jawabku. Akhirnya dia bawain tu contoh database yang dibuat dengan aplikasi Microsof Acces. Langsung ke TKP diotak-atik tu database, dah lengkap dengan Form input data, form pencarian data. ” hla ini udah lengkap mbak, tinggal pakai, kataku” iya di, tapi itu kan input surat masuk ditempatku dulu, kamu ubah deh untuk keperluan di sini!”

Sedikit pelajari langsung main hapus kategori-kategori yang ngk diperluin, jadi deh tu aplikasi input surat yang sederhana namun manfaatnya luar biasa. Dari pengalaman tersebut, ada kemauan tu lebih mendalami tentang microsof Acces, search kemana-mana tentang Microsof Acces dan mencoba membuat aplikasi Kasir.

Hal pertama yang saya senangi adalah prosesnya sama seperti saat saya belajar pemrograman PHP.
1. Membuat database
Membuat database dengan nama “kasir”
2. Membuat tabel didalam database.
Tabel-tabel yang diperlukan seperti tabel Barang, tabel karyawan, tabel faktur, dan tabel detail penjualan. Didalam tabel-tabel tersebut kita isi Field-field yang dibutuhkan.
3. Membuat Query di tiap tabel yang kita buat, karna nanti disaat membuat Form Query ini dibutuhkan.
4. Membuat Form
Form yang kita buat, Form Input barang, Form Input karyawan, form penjualan, serta form edit untuk tabel barang, dan karyawan. Terakhir membuat form cetak laporan penjualan.

Ini merupakan garis besar pembuatan aplikasi kasir, untuk pembuatannya nanti saya berikan dengan gambar dan beserta penjelasannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s